Produk


AstraPay adalah layanan alat pembayaran berbasis mobile yang diterbitkan oleh PT. Astra Digital Arta (dengan merk dagang AstraPay). AstraPay merupakan layanan uang elektronik, dan nilai uang elektronik yang dikelola di AstraPay bukan merupakan simpanan sebagaimana dimaksud dalam undang-undang yang mengatur mengenai perbankan.


Saat ini kamu dapat menggunakan AstraPay untuk pembayaran angsuran FIFGROUP, ACC (Astra Credit Company), Maucash dan TAF (Toyota Astra Financial) apabila kamu memiliki kontrak aktif. Kamu juga dapat melakukan transaksi pembelian pulsa & paket data serta melakukan pembayaran PLN, Telkom, PDAM, Pay TV, PBB dan BPJS. Manfaat lainnya, kamu juga dapat melakukan transfer dana ke sesama pengguna AstraPay atau ke rekening bank lain.

Pemasangan Aplikasi


Aplikasi AstraPay dapat dipasangkan pada smartphone berbasis iOS (minimal iOS 10) dengan cara sebagai berikut:

  1. Buka Apps Store.
  2. Ketik “AstraPay” dalam kolom pencarian.
  3. Klik “Get”/”Install”.

iOS 10 telah beroperasi sejak September 2016, jika smartphone kamu diproduksi setelah itu, kemungkinan besar memiliki versi minimal iOS 10. Kamu bisa memeriksanya melalui gadget pada menu "Setting"/"Pengaturan" > "General"/"Umum" > "About"/"Mengenai" > "Software Version"/"Versi Perangkat Lunak".


Aplikasi AstraPay dapat dipasangkan pada smartphone berbasis Android (minimal Android 6.0 Marshmellow) dengan cara sebagai berikut:

  1. Buka Google PlayStore.
  2. Ketik “AstraPay” dalam kolom pencarian.
  3. Klik “Install”/”Download”.

Android 6.0 Marshmellow telah beroperasi sejak Oktober 2016, jika smartphone kamu diproduksi setelah itu, kemungkinan besar memiliki versi minimal Android 6.0 Marshmallow. Kamu bisa memeriksanya melalui gadget pada menu "Setting"/"Pengaturan" > "About Phone"/"Tentang Telepon" > "Android Version"/"Versi Android".

Pendaftaran Akun


Kamu bisa melihat kode referral kamu dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Login ke akun AstraPay kamu.
  2. Pilih ikon setting / pengaturan yang ada di pojok kanan halaman awal aplikasi.
  3. Pilih menu “Kode Referral”.
  4. Kamu akan melihat Kode Referral yang kamu miliki.

Kamu bisa klik “Share” untuk membagikan Kode Referral milikmu ke temanmu dan ajak temanmu untuk install aplikasi AstraPay dari link yang kamu kirimkan.


Untuk menggunakan layanan transaksi uang elektronik AstraPay, kamu dapat melakukan registrasi melalui aplikasi AstraPay dengan tahapan sebagai berikut:

  1. Mendaftarkan nomor handphone.
  2. Memasukkan nama lengkap (sesuai identitas).
  3. Memasukkan email.
  4. Memasukkan tanggal lahir (kamu harus berusia minimal 17 tahun).

Selain data yang telah dimasukkan, kamu juga diminta untuk menyetujui syarat & ketentuan yang ada pada aplikasi AstraPay. Selanjutnya, kode OTP akan diterima melalui SMS yang kemudian akan diminta untuk dimasukkan kembali pada aplikasi. Apabila sudah sesuai, maka kamu berhasil terdaftar sebagai Pengguna (Classic User) AstraPay.

Apabila seluruh data telah dilengkapi dan kode OTP sesuai, maka kamu berhasil terdaftar sebagai Pengguna (Classic User) AstraPay. Selanjutnya, kamu akan diarahkan untuk melakukan verifikasi Email. Kamu akan diminta untuk meng-klik tombol “OK” dan diarahkan ke halaman “Ganti Email” untuk memeriksa email yang kamu daftarkan. Jika email sudah benar dan sesuai, maka klik tombol “Send”. Kamu akan menerima email dengan judul “Verifikasi Email AstraPay” di kotak masuk (inbox) email. Buka email “Verifikasi Email AstraPay” tersebut dan klik “Tombol Verifikasi” atau link verifikasi yang ada pada email tersebut..


Untuk melakukan update akun AstraPay menjadi Pengguna Registered (Preferred User), dapat dilakukan dengan mengklik tombol “Classic” yang berada di halaman utama aplikasi AstraPay.Kemudian, pilih menu “Upgrade”. Kamu akan diminta mengisi data-data registrasi yang sesuai dengan identitas KTP,yaitu:

  1. Nomor identitas (KTP/SIM)
  2. Jenis kelamin
  3. Kewarganegaraan
  4. Alamat (lengkapi dengan RT dan RW sesuai KTP)
  5. Pekerjaan
  6. Provinsi
  7. Tempat lahir
  8. Kota
  9. Foto identitas diri (selfie)
  10. Foto pengguna memegang kartu identitas diri
  11. Foto tanda tangan (di atas kertas putih)

Selain data yang telah dimasukkan, kamu juga diminta untuk menyetujui syarat & ketentuan yang ada pada aplikasi AstraPay. Selanjutnya, kode OTP akan diterima melalui SMS yang kemudian akan diminta untuk dimasukkan kembali pada aplikasi. Apabila sudah sesuai, maka kamu berhasil terdaftar sebagai Pengguna Registered (Preferred User) dalam waktu 1 x 24 jam.

Hasil verifikasi update akun akan disampaikan melalui email yang telah terdaftar. Apabila ditolak, maka kamu harus melakukan revisi data registrasi tersebut sesuai informasi yang dikirimkan ke email.


Apabila kamu mendaftarkan akun AstraPay menjadi Preferred User, maka kamu akan mendapatkan beberapa keuntungan berupa:

  1. Dapat melakukan transfer sesama member AstraPay.
  2. Dapat melakukan transfer bank//withdrawal ke rekening bank.
  3. Serta kamu akan memiliki limit saldo AstraPay hingga Rp 10.000.000,-.

Transaksi dan Pembayaran


Isi ulang (top-up) saldo AstraPay dapat dilakukan melalui empat cara, yaitu melalui ATM, internet banking, mobile banking dan juga transfer via member AstraPay. Untuk lebih detailnya, kamu bisa mengikuti instruksi pada laman top-up. Untuk melakukan transfer via Member AstraPay, pastikan bahwa akun yang akan digunakan untuk mengirimkan saldo telah terdaftar sebagai Preferred User.

Top-up saldo bisa kamu lakukan melalui Bank apa saja. Namun, jika kamu top-up melalui Bank lain selain Bank Permata dan CIMB Niaga, maka kamu akan dikenakan tambahan biaya transfer sesuai dengan ketentuan bank masing-masing. Top-up saldo juga bisa kamu lakukan melalui transfer via member AstraPay loh, tapi pastikan akun pengirim saldo telah terdaftar sebagai Preferred User ya. Untuk lebih detailnya, kamu bisa ikuti instruksi pada laman top-up di aplikasi.

Akun AstraPay memiliki income limit per bulannya. Sehingga, setiap user hanya dapat menerima dana masuk setiap bulan hingga total sebesar Rp 20.000.000,- (baik dari top-up, transfer antar member, maupun cashback/bonus). Apabila dana yang diterima selama satu bulan melebihi Rp 20.000.000,-, dana tidak akan diproses masuk ke akun AstraPay kamu, tapi akan ter-refund ke rekening bank/nomor VA pengirim.

Top-up saldo dapat juga dilakukan melalui Alfamart, dengan cara user mengunjungi salah satu gerai kasir alfamart. Setelahnya user hanya perlu menyebutkan dan membayarkan nominal yang ditentukan (minimum Rp. 50.000,-) pada gerai alfamart untuk memproses transaksi top-up saldo pada akun AstraPaynya. Saldo Astrapay akan langsung terupdate secara realtime. Biaya transaksi top-up saldo melalui Alfamart sebesar Rp. 2.000,-


Transfer saldo dapat dilakukan antar member AstraPay apabila akun pengirim telah terdaftar sebagai Preferred User. Transfer saldo tersebut dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

  1. Buka menu “Transfer & Top-up”.
  2. Pilih menu “Sesama Member”.
  3. Masukkan nomor handphone dengan cara memilih metode transfer “No Handphone”, Kamu juga bisa memilih melalui daftar kontak yang sudah dimiliki.
  4. Selanjutnya masukkan jumlah saldo yang akan ditransfer (minimal sebesar Rp 10.000,-).
  5. Input PIN AstraPay, lalu kamu akan diarahkan ke halaman selanjutnya untuk menerima dan memasukkan kode OTP.
  6. Jika transfer berhasil, maka akan ada nomor referensi transaksi yang bisa dilihat di menu "Riwayat" pada menu utama.

Transfer saldo AstraPay ke rekening bank (VA to BA) dapat dilakukan oleh akun dengan status Preferred User dengan cara sebagai berikut:

  1. Buka menu “Transfer & Top-up”,
  2. Pilih menu “Transfer Bank”,
  3. Ketika masuk pada menu "Transfer" akan ada beberapa field yang harus diisi. Masukkan nama, nomor rekening bank yang dituju, dan nominal yang ingin ditransfer (minimal Rp 10.000,-).
  4. Pastikan detail transaksi yang ditampilkan telah sesuai. Tekan tombol “Transfer”.
  5. Kamu akan diarahkan ke halaman selanjutnya untuk menerima dan memasukkan kode OTP.
  6. Jika transfer berhasil maka akan muncul notifikasi bahwa transaksi berhasil. Nomor referensi transaksi dapat dilihat di menu "Riwayat" pada menu utama.
  7. Kamu juga akan menerima email notifikasi dari sistem AstraPay, dan dana diterima oleh pemegang rekening yang dituju (sesuai data yang disubmit).

Transfer dana/tarik saldo saat ini sudah berjalan secara real time, dengan biaya transaksi sebesar Rp. 6.500,- per transaksi.


Fitur Tarik Tunai memungkinkan kamu untuk dapat mencairkan sejumlah uang di seluruh ATM Bank Permata hanya dengan smartphone-mu dan tanpa menggunakan kartu ATM. Kamu juga tidak perlu memiliki rekening Bank Permata untuk dapat menggunakan fitur ini. Fitur tarik tunai tanpa kartu ini hanya dapat dilakukan oleh preferred user dan akan dikenakan biaya admin sebesar Rp5.000 (lima ribu rupiah) per-transaksi. Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus kamu lakukan:

  1. Masuk ke dalam aplikasi AstraPay kamu,
  2. Pilih “Transfer & TopUp”
  3. Pilih “Tarik Tunai”
  4. Pilih nominal dana yang ingin kamu tarik. Jika saldo kamu kurang atau tidak mencukupi, maka akan muncul pesan untuk melakukan “Top-Up” terlebih dahulu.
  5. Klik “Next” jika ringkasan detail yang ditampilkan sudah sesuai, kemudian masukkan PIN AstraPay kamu.
  6. Kemudian pilih “OK” pada detail langkah-langkah yang perlu kamu lakukan.
  7. Kamu akan menerima “Kode Reservasi” dengan masa berlaku selama 60 menit (1 jam). Ketika kamu sudah mendapatkan Kode Reservasi, maka saldo AstraPay kamu akan dipotong sementara sesuai dengan nominal penarikan.
  8. Silahkan menuju ATM Bank Permata. Kemudian, Pilih “Mobile Cash” pada ATM.
  9. Masukkan nomor handphone AstraPay-mu yang telah mendapatkan Kode Reservasi.
  10. Masukkan “Kode Reservasi” yang sudah kamu terima di aplikasi AstraPay.
  11. Proses selesai dan mesin ATM akan mengeluarkan uang tunai.
  12. Setelah kamu berhasil melakukan penarikan uang tunai, maka saldo AstraPay kamu akan berkurang secara otomatis.

Perlu kamu ketahui bahwa:

  1. Denominasi penarikan uang tunai adalah kelipatan Rp100.000 (seratus ribu rupiah)
  2. Dalam 1 kali siklus penarikan (60 menit selama Kode Reservasi berlaku), kamu hanya bisa melakukan 1 kali transaksi tarik tunai dan kamu tidak dapat meminta Kode Reservasi baru apabila Kode Reservasi sebelumnya masih aktif dan belum dibatalkan.
  3. Kamu hanya bisa melakukan total penarikan sebesar Rp1.500.000 (satu juta lima ratus ribu rupiah) per-hari.
  4. Kode Reservasi hanya dapat diberikan (di-generate) ke akun AstraPay kamu maksimal 3x per-hari.
  5. Kesempatan input Kode Reservasi di ATM hanya satu kali. Jadi, jika kamu salah memasukkan Kode Reservasi, transaksi kamu akan dibatalkan secara otomatis dan saldo akan dikembalikan.
  6. Apabila Kode Reservasi yang sudah kamu terima tidak digunakan selama 60 menit setelah diterima (masa berlaku berakhir), maka Kode Reservasi sudah tidak berlaku (expired), sehingga transaksi kamu akan dibatalkan secara otomatis dan saldo akan dikembalikan.

Apabila transaksi sudah dibatalkan, maka kamu harus mengulangi proses dari awal jika ingin melakukan transaksi tarik tunai melalui Bank Permata.

Apabila kamu ingin membatalkan transaksi tarik tunai secara manual, maka langkah yang perlu kamu lakukan adalah:

  1. Masuk ke dalam aplikasi AstraPay kamu,
  2. Buka “Riwayat” untuk melihat daftar riwayat transaksi kamu
  3. Pilih transaksi “Tarik Tunai di ATM”
  4. Klik tombol “Batalkan”
  5. Kemudian, kamu akan diminta untuk memasukkan PIN AstraPay kamu
  6. Transaksi kamu akan dibatalkan dan saldo AstraPay yang sedang dipotong sementara akan dikembalikan ke akun AstraPay kamu
  7. Kamu akan menerima notifikasi bahwa transaksi tarik tunai kamu telah dibatalkan dan saldo sudah dikembalikan. Kamu juga dapat memeriksa status transaksi Tarik Tunai pada menu “Riwayat” yang berubah menjadi “Dibatalkan”

Saat ini kamu bisa menggunakan AstraPay untuk melakukan pembayaran angsuran FIFGROUP, ACC (Astra Credit Company), TAF (Toyota Astra Finance), maupun Maucash. Langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Pada menu utama pilih menu “Angsuran”, lalu pilih antara FIFGROUP/ACC/Maucash/TAF sesuai dengan kebutuhan.
  2. Masukkan nomor kontrak (apabila pembayaran angsuran Maucash, masukkan nomor VA pembayaran via AstraPay. Contoh: 1111+No Handphone) yang sesuai.
  3. Pastikan data tagihan yang ditampilkan telah sesuai. Tekan tombol “Bayar” untuk melanjutkan proses pembayaran.
  4. Input PIN AstraPay, lalu kamu akan diarahkan ke halaman selanjutnya untuk menerima dan memasukkan kode OTP.
  5. Jika transfer berhasil maka akan muncul notifikasi bahwa transaksi berhasil, detail pembayaran dapat dilihat di menu "Riwayat" pada menu utama.

Saat ini kamu bisa menggunakan AstraPay untuk melakukan pembayaran pajak (PBB). Langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Pada menu utama pilih menu “Pajak”, lalu pilih menu "PBB".
  2. Masukkan daerah pajak, nomor objek pajak, dan tahun pembayaran.
  3. Pastikan data tagihan yang ditampilkan telah sesuai. Tekan tombol “Bayar” untuk melanjutkan proses pembayaran.
  4. Input PIN AstraPay, lalu kamu akan diarahkan ke halaman selanjutnya untuk menerima dan memasukkan kode OTP.
  5. Jika transfer berhasil maka akan muncul notifikasi bahwa transaksi berhasil, detail pembayaran dapat dilihat di menu "Riwayat" pada menu utama.

Untuk melakukan pembayaran PLN atau pembelian pulsa, pengguna dapat mengikuti tahapan sebagai berikut:

  1. Pada menu utama pilih “Menu Tagihan & Isi Ulang.”
  2. Pilih salah satu menu antara "PLN" atau "Pulsa".
  3. Masukkan nomor handphone untuk menu "Pulsa" atau nomor tagihan PLN/token PLN pada menu "PLN". Pada menu "Pulsa" ataupun token PLN akan muncul list nominal yang bisa kamu pilih.
  4. Pastikan data tagihan atau detail transaksi yang ditampilkan telah sesuai. Tekan tombol “Bayar” untuk melanjutkan proses pembayaran.
  5. Input PIN AstraPay, lalu kamu akan diarahkan ke halaman selanjutnya untuk menerima dan memasukkan kode OTP.
  6. Jika transfer berhasil maka akan muncul notifikasi bahwa transaksi berhasil, detail pembayaran dapat dilihat di menu "Riwayat" pada menu utama.

Untuk melakukan pembayaran paket data, pengguna dapat mengikuti tahapan sebagai berikut:

  1. Pada menu utama pilih menu “Tagihan & Isi Ulang”.
  2. Pilih menu "Paket Data".
  3. Masukkan nomor handphone yang dituju, kemudian pilih nominal paket data yang tersedia.
  4. Pastikan detail transaksi telah sesuai. Lanjutkan pembayaran dan masukkan PIN AstraPay pada kolom yang tersedia.
  5. Kamu akan diarahkan ke halaman selanjutnya untuk menerima dan memasukkan kode OTP.
  6. Jika transfer berhasil maka akan muncul notifikasi bahwa transaksi berhasil. Ketika kamu klik tombol “View Transaction Detail”, maka akan muncul halaman detail transaksi dari paket data yang sudah dibeli.

Untuk melakukan pembayaran tagihan Telkom, pengguna dapat mengikuti tahapan sebagai berikut:

  1. Pada menu utama pilih menu “Tagihan & Isi Ulang”.
  2. Pilih menu “Telkom”.
  3. Masukkan nomor telepon yang terdaftar, setelah itu akan muncul halaman detail transaksi.
  4. Pastikan detail transaksi telah sesuai. Lanjutkan pembayaran dan masukkan PIN AstraPay pada kolom yang tersedia.
  5. Kamu akan diarahkan ke halaman selanjutnya untuk menerima dan memasukkan kode OTP.
  6. Jika transfer berhasil maka akan muncul notifikasi bahwa transaksi berhasil. Ketika kamu klik tombol “View Transaction Detail”, maka akan muncul halaman detail transaksi dari tagihan yang telah dibayar.

Untuk melakukan pembayaran tagihan PDAM, pengguna dapat mengikuti tahapan sebagai berikut:

  1. Pada menu utama pilih menu “Tagihan & Isi Ulang”.
  2. Pilih menu “PDAM”.
  3. Pilih provider yang sesuai dengan tagihan dan masukkan nomor pelanggan PDAM, setelah itu klik tombol “Next”.
  4. Pastikan detail transaksi telah sesuai. Lanjutkan pembayaran dan masukkan PIN AstraPay pada kolom yang tersedia.
  5. Kamu akan diarahkan ke halaman selanjutnya untuk menerima dan memasukkan kode OTP.
  6. Jika transfer berhasil maka akan muncul notifikasi bahwa transaksi berhasil. Ketika kamu klik tombol “View Transaction Detail”, maka akan muncul halaman detail transaksi dari tagihan yang telah dibayar.

Untuk melakukan pembayaran tagihan Pay TV, pengguna dapat mengikuti tahapan sebagai berikut:

  1. Pada menu utama pilih menu “Tagihan & Isi Ulang”.
  2. Pilih menu “Pay TV”.
  3. Pilih provider yang sesuai dengan tagihan dan masukkan nomor pelanggan Pay TV, setelah itu klik tombol “Next”.
  4. Pastikan detail transaksi telah sesuai. Lanjutkan pembayaran dan masukkan PIN AstraPay pada kolom yang tersedia.
  5. Kamu akan diarahkan ke halaman selanjutnya untuk menerima dan memasukkan kode OTP.
  6. Jika transfer berhasil maka akan muncul notifikasi bahwa transaksi berhasil. Ketika kamu klik tombol “View Transaction Detail”, maka akan muncul halaman detail transaksi dari tagihan yang telah dibayar.

Untuk melakukan pembayaran tagihan BPJS, pengguna dapat mengikuti tahapan sebagai berikut:

  1. Pada menu utama pilih menu “Asuransi”.
  2. Pilih menu “BPJS”.
  3. Lalu masukkan nomor VA Keluarga/Perusahaan, setelah itu klik tombol “Next”.
  4. Pilih bulan dan tahun untuk pembayaran BPJS.
  5. Pastikan detail transaksi telah sesuai. Lanjutkan pembayaran dan masukkan PIN AstraPay pada kolom yang tersedia.
  6. Kamu akan diarahkan ke halaman selanjutnya untuk menerima dan memasukkan kode OTP.
  7. Jika transfer berhasil maka akan muncul notifikasi bahwa transaksi berhasil. Ketika kamu klik tombol “View Transaction Detail”, maka akan muncul halaman detail transaksi dari tagihan yang telah dibayar.

Kamu bisa melakukan pembayaran melalui QR Code AstraPay di merchant apa saja yang sudah terdaftar sebagai merchant AstraPay, diantaranya Bengkel Astra Motor, AUTO2000 Cilandak, Daihatsu Motor BSD & Karawang, Redbox dan Coffee Room. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan QR Code di seluruh merchant yang memiliki QR Code berlogo QRIS. Pembayaran melalui QR Code AstraPay sudah dapat dilakukan oleh semua pengguna, baik pemilik device Android maupun iOS.


Pembayaran melalui QR Code AstraPay dapat dilakukan dengan cara:

  1. Pilih menu "Bayar".
  2. Scan QR Merchant yang akan dibayar.
  3. Masukkan jumlah harga, kemudian klik “Next”.
  4. Pilih “Pay” dan masukkan PIN AstraPay kamu.
  5. Jika pembayaran berhasil maka akan muncul notifikasi bahwa transaksi berhasil. Ketika kamu klik tombol “View Transaction Detail”, maka akan muncul halaman detail transaksi yang sudah dibayar.

Besaran nominal transaksi QRIS yang dapat dilakukan saat ini sebagaimana diatur dalam PADG NO. 21/18/PADG/2019 yaitu paling banyak sebesar Rp. 5.000.000,- per transaksi.


Melalui aplikasi Trac To Go untuk melakukan pemesanan sewa mobil, kini kamu dapat menggunakan metode pembayaran dengan menggunakan Astrapay.

Pembayaran melalui AstraPay pada aplikasi Trac To Go dapat dilakukan dengan cara:

  1. Melalui aplikasi Trac To Go, kamu pilih terdahulu mobil yang ingin dipesan.
  2. Pilih metode pembayaran.
  3. Klik “Astrapay”.
  4. Astrapay akan menampilkan webview berupa permintaan No. Handphone kamu untuk diverifikasi.
  5. Bila No. Handphone belum terdaftar sebagai pengguna Astrapay maka akan diarahkan ke playstore untuk menginstall serta melakukan registrasi akun terlebih dahulu. Jika No. Handphone pengguna sudah terdaftar maka dapat langsung klik tombol “pay”
  6. Setelah berhasil klik “pay”, kamu akan diminta memasukan PIN dan OTP untuk melanjutkan transaksi.
  7. Astrapay akan melakukan pengecekan saldo kamu. Jika saldo tidak cukup maka Astrapay akan memberi keterangan bahwa saldo tidak cukup. Bila saldo mencukupi, Astrapay akan menampilkan halaman detail transaksi.
  8. Selanjutnya Astrapay akan mengirimkan URL bahwa pembayaran berhasil ke sistem Trac To Go.
  9. Setelah Trac To Go menerima URL bahwa transaksi berhasil. Selanjutnya kamu akan menerima notifikasi dari Trac To Go bahwa transaksi telah “selesai”.

Melalui aplikasi Ngelesin untuk melakukan booking les privat, kini metode pembayarannya dapat kamu lakukan dengan menggunakan AstraPay

Pembayaran melalui AstraPay pada aplikasi Ngelesin dapat dilakukan dengan cara:

  1. Melalui aplikasi Ngelesin, kamu akan dianjurkan untuk memilih mata pelajaran dan jadwal les.
  2. Setelah memilih mata pelajaran dan jadwal les, untuk pembayaran pilih metode pembayaran dengan “AstraPay” pada aplikasi Ngelesin.
  3. Selanjutnya kamu akan diarahan ke menu web view Astrapay dan diminta untuk menginput No. Handphone kamu untuk proses verifikasi.
  4. Jika kamu belum terdaftar sebagai pengguna AstraPay maka akan diarahkan untuk menginstall aplikasi AstraPay pada Google Play Store serta melakukan registrasi akun AstraPay terlebih dahulu. Sedangkan jika No. Handphone kamu telah terdaftar sebagai pengguna AstraPay, maka akan diarahkan ke menu pembayaran untuk melakukan transaksi.
  5. Setelah dianjurkan untuk melakukan pembayaran, kamu dapat klik “pay”. Sebagai konfirmasi kamu akan diminta memasukan PIN dan OTP yang dikirimkan ke kamu.
  6. Pada halaman aplikasi Astrapay dan Ngelesin akan muncul notifikasi atas transaksi pembayaran yang telah kamu lakukan.
  7. Setelah menerima notifikasi “berhasil” atas transaksi yang dilakukan, kamu dapat memperoleh layanan les privat yang diinginkan.

Riwayat transaksi atau detail pembayaran yang kamu lakukan dapat dilihat di menu "Riwayat" pada menu utama aplikasi AstraPay. Selain itu, detail transaksi atau detail pembayaran yang kamu lakukan juga akan dikirimkan ke email akun AstraPay, jika email kamu sudah berhasil terverifikasi.

Maupaylater


Maupaylater adalah fasilitas keuangan dari AstraPay bekerja sama dengan Maucash yang memungkinkan metode pembayaran dengan cicilan tanpa kartu kredit atau yang umum dikenal dengan Kredit Online dalam jangka waktu 1 hingga 12 bulan.

Untuk dapat menggunakan Maupaylater, kamu harus mendaftar terlebih dahulu.Setelah pendaftaran kamu disetujui, kamu akan mendapat limit yang jumlahnya bisa mencapai Rp12,5 juta. Limit dapat kamu gunakan untuk pembayaran semua produk yang tersedia di AstraPay, kecuali untuk Pembayaran Angsuran: FIFGROUP, ACC, TAF dan Maucash.


  1. Dapat bertransaksi tanpa harus repot isi saldo, hanya perlu ganti metode pembayaran menjadi maupaylater
  2. Dapat bertransaksi saat ini, pembayarannya di akhir bulan
  3. Dapat diubah menjadi cicilan dalam jangka waktu 1 hingga 12 bulan.

Maupaylater sebagai layanan kerja sama dengan Maucash (PT Astra WeLab Digital Arta) telah berizin dan diawasi secara resmi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai Penyelenggara Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi berdasarkan POJK No. 77/POJK.01/2016 tahun 2016 tentang Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi (POJK 77/2016) pada tanggal 30 September 2019.


Maupaylater bekerja sebagai fasilitas pembayaran berbasis cicilan tanpa kartu kredit. Untuk dapat menikmati manfaat Maupaylater, setiap pengguna harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu serta memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku, antara lain :

  1. Harus menjadi preferred member AstraPay
  2. Merupakan Warga Negara Indonesia (WNI)
  3. Memiliki KTP yang sah
  4. Berusia 21 – 65 tahun, atau minimum 18 tahun apabila sudah menikah
  5. Limit Maupaylater mencukupi dan jumlah pembayaran transaksi minimal Rp. 10.000

Metode pembayaran Maupaylater berlaku untuk semua produk yang tersedia di AstraPay, seperti pembelian pulsa, paket data, telkom, PLN, PDAM, Pay TV, BPJS, PBB dan pembayaran QR.

Namun tidak berlaku untuk Pembayaran Angsuran: FIFGROUP, ACC, TAF dan Maucash. *Jika Maupaylater tidak muncul di pilihan metode pembayaran saat kamu bertransaksi, itu artinya Maupaylater belum tersedia di layanan tersebut untuk kamu.


Limit Maupaylater adalah pinjaman yang diberikan kepada user AstraPay oleh Maucash di setiap bulan untuk membayar transaksi. Besarnya limit ditentukan oleh tim analisa resiko Maucash, penggunaan Maupaylater, serta riwayat pembayaran. Maka, jumlahnya bisa berbeda antara satu user ke user lain.


Limit Maupaylater ditentukan oleh tim analisa resiko Maucash berdasarkan data dari OJK /BI, riwayat transaksi dan data penunjang lainnya. Semakin banyak penggunaan Maupaylater dengan pembayaran yang tepat waktu, besar kemungkinan kamu bisa mendapatkan limit yang lebih tinggi.


Untuk mengembalikan limit kamu seperti semula, kamu hanya perlu membayar tagihan Maupaylater kamu


Berikut langkah bertransaksi/melakukan pembayaran menggunakan Maupaylater:



  1. Klik ‘Bayar’ untuk melakukan pembayaran
  2. Masukkan nominal transaksi kamu
  3. Pastikan detil transaksi sudah benar. Lalu pilih metode pembayaran yaitu Maupaylater
  4. Masukkan PIN AstraPay
  5. 5. Pembayaran telah berhasil

Sebagaimana penyedia pinjaman pada umumnya, Maucash mengenakan bunga cicilan Maupaylater kepada pengguna yang membagi pembayaran ke dalam skema khusus maksimal 12 bulan. Namun, karena Maucash menjanjikan sistem kredit dengan cicilan rendah, maka besaran bunga cicilannya pun dijamin tidak membebani penggunanya. Apalagi sampai membuat biaya yang dibayar terlalu membengkak.

Bunga Maupaylater memiliki nilai yang terbilang cukup ringan, yakni sebesar 4% per bulan. Biaya tersebut diberlakukan untuk pengguna yang melakukan cicilan bulanan. Adapun bunga tersebut berlaku flat atau rata untuk setiap bulannya.


Lamanya proses pengajuan adalah 1 – 2 hari (hari kerja), sejak kamu mengajukan online, verifikasi sampai dengan limit disetujui. Lamanya proses juga bergantung pada kelengkapan pengisian aplikasi (dokumen jelas, lengkap, dan sesuai) dan kemudahan saat menghubungi (emergency kontak dan verifikasi konsumen).


Biaya keterlambatan adalah 0,8% per hari dari total pinjaman yang belum dibayar dan sudah melewati tanggal jatuh tempo.


Kamu dapat mengajukan Maupaylater jika memenuhi semua kriteria berikut:



  1. Merupakan Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Berusia 21 – 65 tahun, atau minimum 18 tahun apabila sudah menikah
  3. Harus menjadi preferred member AstraPay
  4. Memiliki KTP yang sah
  5. Limit Maupaylater mencukupi dan jumlah pembayaran transaksi minimal Rp. 10.000


Jika kamu telah memenuhi semua persyaratan di atas, kemungkinan kamu belum disetujui karena analisis kredit:



  1. Detail informasi tidak sesuai dengan dokumen yang kamu berikan.
  2. Kamu telah melakukan pengajuan Maupaylater sebelumnya dan telah disetujui.
  3. Dokumen yang kamu berikan tidak jelas, terdapat kesalahan, atau terdapat dokumen yang sudah tidak berlaku.
  4. Kontak keluarga yang kamu cantumkan sudah tidak bisa dihubungi atau terdapat kesalahan.


Untuk informasi lebih lanjut, mohon menghubungi Maucash via email ke [email protected] atau via phone Halo Maucash 1500-396


Untuk melakukan pengajuan Maupaylater, kamu dapat lakukan langkah sebagai berikut :



  1. Pilih menu "Paylater" pada aplikasi Astrapay
  2. Klik pilihan "Registrasi paylater"
  3. Pastikan No. Handphone yang tercantum sesuai dengan yang terdaftar pada akun Astrapay anda
  4. Untuk mengajukan limit, lakukan verifikasi dengan foto e - KTP dan mengisi data diri secara tepat, lalu klik simpan
  5. Setelahnya ikuti intruksi untuk autentikasi wajah anda dengan sesuai
  6. Setelah selesai cek kembali data diri anda, dan klik "selesai" jika sudah sesuai


Terkait proses pengajuan limit dilakukan melalui aplikasi maucash. Untuk informasi bantuan dapat menghubungi Maucash via email ke [email protected] atau via phone Halo Maucash (1500-396).

Akun


Kamu bisa melihat kode referral kamu dengan cara sebagai berikut:

  1. Login ke akun AstraPay kamu.
  2. Pilih icon setting yang ada di pojok kanan halaman awal aplikasi.
  3. Pilih menu “Kode Referral”.
  4. Kamu akan melihat Kode Referral yang kamu miliki.

Kamu bisa klik “Share” untuk membagikan Kode Referral milikmu ke temanmu dan ajak temanmu untuk install aplikasi AstraPay dari link yang kamu kirimkan.


Seluruh user AstraPay diharuskan untuk melakukan proses verifikasi email. Verifikasi email ini dibutuhkan untuk meningkatkan keamanan (security) dalam bertransaksi menggunakan AstraPay. Adapun untuk melakukan verifikasi email, user dapat mengikuti langkah sebagai berikut:

  1. Login ke akun AstraPay kamu.
  2. Terdapat notifikasi “Email kamu belum terverifikasi. Verifikasi Sekarang” di halaman utama aplikasi jika Email kamu belum terverifikasi
  3. Klik tombol “Verify” dan kamu akan diarahkan ke halaman “Ganti Email”
  4. Periksa apakah email yang tertera merupakan email yang aktif, serta sudah benar dan sesuai penulisannya
  5. Jika email sudah sesuai, klik tombol “Send”. Jika email belum sesuai, maka kamu bisa klik tombol “Change Email” dan mengganti email kamu.
  6. Buka kotak masuk / inbox sesuai dengan email yang kamu daftarkan
  7. Kamu akan menerima email dengan judul “Verifikasi Email AstraPay” di kotak masuk (inbox) email. Buka email “Verifikasi Email AstraPay” tersebut.
  8. Klik “Tombol Verifikasi” atau link verifikasi yang ada pada email tersebut.
  9. Email kamu berhasil terverifikasi

Kamu juga bisa melakukan proses verifikasi email melalui menu “Pengaturan”, selanjutnya klik menu “Ganti Email”. Jika email kamu sudah sesuai, kamu bisa segera mengklik tombol “Resend”. Namun, jika kamu ingin melakukan perubahan / ganti Email, maka kamu bisa klik tombol “Change Email”. Jika kamu melakukan perubahan Email, kamu juga harus melakukan verifikasi email. Kamu akan menerima Email dengan judul “Verifikasi Email AstraPay” di kotak masuk/inbox email kamu. Klik “Tombol Verifikasi” yang ada pada email tersebut dan email kamu berhasil terverifikasi.

Perlu kamu ingat bahwa kamu hanya bisa melakukan resend (permintaan ulang) pengiriman link verifikasi email ke email kamu sebanyak 3x dalam satu hari. Link verifikasi email akan expired (tidak berlaku lagi) selama 1x24 jam setelah waktu request (permintaan) verifikasi email.


Pengubahan data nama atau alamat email dapat kamu lakukan melalui aplikasi AstraPay pada menu "Pengaturan". Selanjutnya, kamu akan diminta untuk memasukkan data baru dan PIN akun. Ketika semua field yang diisi telah sesuai maka silakan pilih menu “Ubah”.

Apabila kamu ingin melakukan perubahan nomor handphone atau nomor telepon, kamu bisa mengajukan request melalui customer care AstraPay melalui email [email protected]


Tutup akun dapat dilakukan oleh pengguna melalui AstraPay, dengan syarat kamu harus melakukan transfer saldo AstraPay yang masih tersisa ke nomor rekening bank terlebih dahulu.

Setelah kamu mengirimkan permintaan penutupan akun, waktu proses transfer saldo ke rekening bank akan memakan waktu 1 x 24 jam kerja(Senin – Jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB) . Transfer saldo AstraPay dapat dikirim ke Bank apa saja. Namun, jika kamu transfer saldo AstraPay ke Bank lain selain Bank Permata dan CIMB Niaga, maka kamu akan dikenakan tambahan biaya transfer sesuai dengan ketentuan bank masing-masing.

Selanjutnya, kamu diminta untuk mengisi form yang tersedia di menu "Penutupan Account". Akun yang telah ditutup tidak dapat digunakan untuk bertransaksi lagi. Sehingga, pengguna harus melakukan registrasi ulang untuk membuka akun AstraPay lagi.


Apabila kamu lupa PIN akun AstraPay, maka kamu dapat melakukan permohonan pergantian PIN pada aplikasi AstraPay dengan meng-klik “Lupa PIN” melalui menu "Login" atau menu "Ganti Pin" pada pengaturan. Selanjutnya, kamu dapat mengikuti langkah berikut:

  1. Isilah nomor handphone, selanjutnya kode OTP akan dikirimkan melalui email.
  2. Masukkan kode OTP yang telah dikirimkan, kemudian tunggu hingga email berisi PIN sementara masuk.
  3. Log in kembali menggunakan PIN sementara yang telah dikirimkan melalui email.

Kamu dapat mengubah PIN AstraPay pada akun setelah berhasil log in kembali. Akun AstraPay akan diblokir apabila pengguna salah memasukkan PIN akun hingga tiga kali.


Kamu bisa melakukan pemblokiran akun atau uang elektronik melalui customer service/email AstraPay ([email protected]). Pemblokiran akun memerlukan verifikasi data pengguna berupa:

  1. Nama lengkap
  2. Nomor handphone
  3. Alamat email (yang digunakan AstraPay)
  4. Tanggal lahir

Apabila data yang diberikan telah sesuai dengan data yang tersimpan dalam sistem perusahaan, maka kamu bisa menunggu proses pemblokiran paling lama 1 x 24 jam. Apabila pemblokiran telah berhasil dilakukan, kamu akan mendapatkan email notifikasi dari AstraPay.

Promosi Marketing


Bonus/cashback akan kamu dapatkan jika kamu bertransaksi sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Kamu bisa mendapatkan informasi promo yang sedang berlangsung serta syarat dan ketentuannya melalui www.astrapay.com/blog atau dengan melihat akun media sosial Instagram, Facebook, atau Twitter di @ASTRAPAYID.

Kendala User


Apabila kamu mengalami kendala masuk akun (login) karena lupa PIN, kamu bisa mengklik tombol “Lupa PIN?” pada halaman awal “Login” aplikasi AstraPay. Sistem AstraPay akan mengirimkan kode OTP ke email yang telah terverifikasi. Kamu akan diminta memasukkan OTP yang dikirimkan ke e-mail mu untuk login ke aplikasi. Kamu dapat mengubah PIN/password AstraPay pada akun setelah berhasil login kembali. Jika email kamu belum terverifikasi, akan muncul pesan bahwa email kamu belum terverifikasi, sehingga kamu tidak bisa menerima kode OTP di email.
Kamu akan diminta untuk menghubungi customer care AstraPay melalui email customer care ([email protected]) atau melalui WhatsApp (081511500793). Tim customer care akan membantu mengirimkan email “Verifikasi Email AstraPay” jika data email kamu sesuai dengan yang terdaftar di akun AstraPay. Jika email kamu telah berhasil terverifikasi, maka kamu bisa mengulangi klik tombol “Lupa PIN” dan memasukkan kode OTP yang diterima di email.

Akun AstraPay akan diblokir apabila pengguna salah memasukkan PIN akun hingga tiga kali. Apabila akun kamu terkunci karena kamu salah memasukkan pin sebanyak 3x, kamu bisa menghubungi email customer care ([email protected]) atau melalui WhatsApp (0811511500793) untuk meminta buka akun yang terkunci.


Permintaan transfer bank kamu hanya diproses pada hari dan jam kerja (Senin – Jumat pukul 08.00 – 17.00) dengan waktu maksimal selama 1x24 Jam. Apabila hingga 1x24 jam, kamu belum berhasil melakukan penarikan saldo, maka kamu dapat mengirimkan mengaduan melalui email AstraPay ([email protected]) atau melalui WhatsApp (0811511500793).


Top-up saldo AstraPay memiliki limit top-up akun. Limit top-up akun untuk preferred user adalah Rp10.000.000 (sepuluh juta rupiah) dan limit top-up akun untuk classic user adalah Rp2.000.000 (dua juta rupiah). Proses top-up akun dapat ditunggu dalam waktu maksimal hingga 1x24 jam.

Apabila jumlah top-up tidak melebihi limit dan sudah menunggu hingga maksimal 1 x 24 jam, namun, dana yang di top-up tidak masuk atau terdapat kendala, kamu dapat mengirimkan pengaduan melalui email AstraPay ([email protected]) atau melalui WhatsApp (0811511500793).

Apabila kamu akan melakukan top-up lebih dari Rp2.000.000 (dua juta rupiah), harap melakukan upgrade akun menjadi preferred user terlebih dahulu. Apabila sudah menjadi preferred silahkan menunggu hingga 1x24 jam.


Apabila kamu gagal menerima OTP saat ingin melakukan transaksi, mohon dapat dipastikan terlebih dahulu nomor handphone yang terpasang sudah sesuai. Kemudian, pastikan juga apakah nomor handphone memasuki masa tenggang atau tidak. Apabila nomor handphone sudah sesuai dan tidak dalam masa tenggang, harap tunggu hingga 5 menit, dan ulangi proses kembali. Apabila kamu masih belum menerima OTP, kamu bisa menghubungi AstraPay melalui email AstraPay ([email protected]) atau atau melalui WhatsApp (0811511500793).


Apabila kamu mengalami kendala pada proses pembayaran, kamu dapat mengirimkan pengaduan kendala ke customer care AstraPay di e-mail ([email protected]), call center (021) 1500-793, atau melalui WhatsApp (0811511500793).


Apabila kamu mengalami kendala pembayaran, berupa status transaksi di akun kamu berhasil namun, dana tersebut belum diterima oleh merchant, kamu dapat memberikan screenshot bukti transaksi sukses, nomor handphone, dan nomor referensi untuk disimpan dan ditindaklanjuti oleh merchant.


Apabila ingin melakukan perubahan nomor handphone, kamu dapat menghubungi email customer care AstraPay ([email protected]) dengan menuliskan keterangan jika kamu ingin melakukan perubahan nomor handphone dan kirimkan data diri kamu, berupa:

  1. Nama lengkap
  2. Nomor handphone lama
  3. Nomor handphone baru
  4. E-mail
  5. Tanggal lahir
  6. Foto riwayat transaksi terakhir
  7. Foto diri
  8. Video memegang KTP dengan mengedipkan mata

Apabila kamu mengalami kendala saat upgrade account, kamu harus memperhatikan hal-hal berikut dan pastikan jangan sampai ada yang terlewat

  1. Isi data kamu secara lengkap sesuai dengan KTP
  2. Pastikan foto KTP jelas dan tidak buram
  3. Pastikan foto diri dan KTP jelas, tidak buram, dan tampak dekat
  4. Penulisan tanda tangan harus sesuai dengan KTP
  5. Jangan memakai masker saat mengambil foto


Jika permintaan upgrade account kamu ditolak, AstraPay akan mengirimkan alasan penolakan (reject) ke email kamu yang terdaftar sebagai user AstraPay. Kamu bisa mengulangi seluruh tahapan permintaan upgrade account sesuai dengan feedback dan memperbaiki data yang di-submit sesuai dengan alasan penolakan pada email kamu. Apabila kamu sudah melakukan seluruh tahapan sesuai dengan ketentuan dan masih mengalami kendala saat upgrade account, kamu dapat menghubungi melalui email AstraPay ([email protected]) atau melalui WhatsApp (0811511500793).


Apabila kamu mengalami kendala dalam transaksi tarik tunai AstraPay di ATM Permata Bank, kamu dapat mengirimkan pengaduan kendala ke customer care AstraPay di e-mail ([email protected]), call center (021) 1500-793, atau WhatsApp (0811511500793).


Apabila kamu mengalami kendala lainnya, kamu dapat mengirimkan pengaduan kendala ke customer care AstraPay di e-mail ([email protected]), call center (021) 1500-793, WhatsApp (0811511500793), atau media sosial Instagram, Facebook, atau Twitter di @ASTRAPAYID.

Kendala Merchant


Apabila merchant mengalami kendala dalam mengakses dashboard, kamu dapat melaporkan kendala yang kamu alami ke customer care AstraPay di e-mail ([email protected]) atau melalui WhatsApp ke nomor 0811511500793.


Apabila kamu tidak menerima dana dari transaksi customer, kamu dapat meminta customer untuk mengirimkan screenshot bukti transaksi sukses, nomor handphone, dan nomor referensi transaksi. Selanjutnya, kamu dapat mengirimkan bukti-bukti tersebut ke email PJSP (Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran) terkait.


Untuk melakukan proses settlement dana, permintaan settlement dana diproses selama H+1 di hari dan jam kerja (Senin – Jumat pukul 08.00 – 17.00), sehingga merchant akan menerima dana dan bukti transfer dana pada H+1 setelah customer melakukan transaksi.

Apabila kamu mengalami kendala berupa tidak menerima dana settlement pada H+1 dari transaksi customer atau terdapat perbedaan selisih dana antara data merchant dengan dana yang dikirimkan team AstraPay, maka kamu dapat menghubungi e-mail pelayanan merchant AstraPay ([email protected]) atau ke nomor WhatsApp (0811511500793)


Apabila kamu mengalami kendala lainnya, kamu dapat mengirimkan pengaduan kendala ke customer care AstraPay di e-mail pelayanan merchant AstraPay ([email protected]) atau ke nomor WhatsApp (0811511500793) yang terdapat di aplikasi AstraPay.


Registrasi merchant pada merchant portal dapat kamu lakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Klik tautan https://merchant.astrapay.com:12004/login , lalu akan muncul halaman awal dashboard merchant
  2. Klik tombol “Sign Up” yang ada pada halaman tersebut
  3. Kamu akan diminta untuk melengkapi data yang diminta, seperti User Name, Password, Confirm Password, Mobile number, PIN, Security Question, serta jawaban dari Security Question yang kamu pilih.
    - Username & Password dapat diisi sesuai dengan profil merchant.
    - Mobile number dan PIN akan diberikan oleh AstraPay.
    - Security Questions dapat diisi dengan memilih pertanyaan yang tersedia.
  4. Setelah kamu sudah mengisi seluruh data yang dibutuhkan, klik tombol “Register”.
  5. Apabila kamu sudah berhasil Register dan ingin melakukan Log In untuk pertama kalinya, kamu akan diminta untuk me-reset Password. Kamu bisa menggunakan password yang lama atau membuat password yang baru.

Kamu bisa melihat report (laporan) transaksi merchant di Portal Merchant dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Klik tautan https://merchant.astrapay.com:12004/login
  2. Kemudian, kamu akan diminta memasukkan Username & Password untuk Log-in
  3. Kemudian, pilih menu “Transaction” yang ada di bagian kiri.
  4. Setelah itu, akan muncul daftar transaksi yang ada di merchant.
  5. Kamu bisa memilih report (laporan) transaksi pada bulan tertentu sesuai yang diinginkan.
  6. Kamu bisa men-download daftar transaksi tersebut dalam bentuk CSV / PDF.
  7. Kamu juga bisa melihat detail transaksi satuan dengan cara meng-klik tombol kanan yang ada pada satuan transaksi.

Permintaan settlement merchant diproses selama H+1 di hari dan jam kerja (Senin – Jumat pukul 08.00 – 17.00), sehingga merchant akan menerima dana dan bukti transfer dana pada H+1 setelah customer melakukan transaksi. Proses settlement dana dapat dikirimkan ke Bank apa saja, Namun, jika settlement dana dikirimkan melalui Bank lain, selain Bank Permata dan CIMB Niaga, maka kamu akan dikenakan tambahan biaya admin sebesar Rp6.500 yang akan dipotong langsung dari Total Dana Transaksi yang akan dikirimkan.
Apabila kamu mengalami kendala berupa tidak menerima dana settelement pada H+1 dari transaksi customer atau terdapat perbedaan selisih dana antara data merchant dengan dana yang dikirimkan team AstraPay, maka kamu dapat menghubungi e-mail pelayanan merchant AstraPay ([email protected]) atau ke nomor WhatsApp (0811511500793)